Selamat Datang Di Website MTSN 8 Jakarta Barat

CIVITAS AKADEMIKA MTS NEGERI 8 JAKARTA MENGGELAR SANTUNAN YATIM


 

Muharram adalah salah satu bulan suci diantara empat bulan suci lainnya yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.  Banyak peristiwa besar yang terjadi di bulan ini diantaranya berlabuhnya kapal Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS Allah selamatkan dari dari kobaran api Raja Namruz, keluarnya Nabi Yunus AS dari perut ikan Nun, selamatnya Nabi Musa AS dari kejaran Fir’aun dan lain-lain.

Bulan Muharram selalu menjadi momen yang istimewa dalam kalender Islam, di mana kebaikan dan kepedulian terhadap sesama semakin dijunjung tinggi. Dalam semangat tersebut, Segenap Civitas akademika MTs Negeri 8 Jakarta  menggelar kegiatan santunan yatim sebagai bentuk nyata kepedulian dan solidaritas dengan mereka yang membutuhkan. Santunan ini diberikan kepada yatim dari unsur peserta didik dan keluarga GTK MTs Negeri 8 Jakarta serta yatim yang ada di sekitar lingkungan madrasah.
Pada Selasa 16 Juli 2024 pukul 13.00 – 15.00 WIB bertempat di Masjid Nur Asshibyan MTs Negeri 8 Jakarta  telah dilaksanakan santunan kepada 26 yatim dari unsur peserta didik dan 24 yatim yang berada di sekitar madrasah. Panitia yang dimotori oleh bapak Drs. H. Dasahri, M.Pd telah menyiapkan 50 paket sembako.

MTs Negeri 8 Jakarta bertransformasi menjadi tempat penuh kebahagiaan dan kehangatan. Dengan kerjasama antara para GTK, peserta didik dan orangtua/wali dalam menyukseskan agenda santunan yatim ini. Santunan ini melibatkan partisipasi dari segenap civitas akademika dari unsur GTK, peserta didik dan orangtua/wali yang telah menyisihkan sebagian rezeki untuk digunakan dalam kegiatan ini.  Acara santunan anak yatim diadakan dengan tujuan memberikan sedikit kebahagiaan kepada anak-anak yang telah kehilangan orang tua. Juga bertujuan untuk menjalin kasih sayang, memupuk nilai-nilai kemanusiaan, dan mengajarkan pentingnya berbagi. Dan yang terpenting mengamalkan perintah Allah dalam QS Al Ma’un dan hadits Nabi Muhammad SAW tentang pentingnya menyantuni anak-anak yatim.

Acara  santunan ini menjadi bagian dari kegiatan santunan Kementerian Agama RI yang mengagendakan santunan dua juta yatim di seluruh Indonesia dan akan masuk dalam catatan MURI (Musium Rekor Indonesia). Acara dimulai dengan laporan dari ketua panitia, bapak Drs. H. Dasahri, M.Pd.  Beliau melaporkan bahwa santunan yatim pada bulan Muharram ini disalurkan kepada 26 yatim dari unsur peserta didik yang menerima santunan dalam bentuk paket sembako dan uang sebesar Rp. 355.000,-  dan 24 yatim yang ada di sekitar lingkungan MTs Negeri 8 Jakarta. Mengakhiri laporannya, beliau mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah menyisihkan sebagian rizkinya dan mendoakan agar diberikan rezeki yang lebih besar oleh  Allah dan semoga pada tahun-tahun kedepan tetap berlangsung kegiatan ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan hangat dari kepala MTs Negeri 8 Jakarta, ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menggarisbawahi pentingnya semangat berbagi dan kepedulian, terutama pada bulan yang penuh berkah ini. Beliau juga menekankan betapa pentingnya mengajarkan kepada para peserta didik nilai-nilai kasih sayang, empati, dan persaudaraan melalui tindakan nyata seperti ini. Dan berpesan agar para yatim penerima santunan dapat memanfaatkan santunan yang dalam bentuk uang pada hal-hal yang penting dan bermanfaat bagi mereka.

Kegiatan santunan yatim ini tidak hanya berdampak memberikan manfaat bagi para yatim yang menerima santunan, tetapi juga bagi seluruh komunitas civitas akademika madrasah. Momen ini mengajarkan kepada seluruh peserta didik akan nilai-nilai moral dan etika, serta menguatkan ikatan persaudaraan di antara mereka. Selain itu, hal ini juga merupakan wujud nyata dari pendidikan karakter yang diterapkan oleh MTs Negeri 8 Jakarta bahwa berbagi itu indah dan menyenangkan.
Dengan suksesnya kegiatan santunan anak yatim ini, MTs Negeri 8 Jakarta berharap bahwa semangat berbagi dan kepedulian ini akan terus terjaga di antara para warga madrasah. Semakin banyak tangan yang terulur untuk membantu mereka yang membutuhkan, semakin besar pula dampak positif yang dapat dihasilkan dalam masyarakat.

#humas_mtsn8jkt,