Selamat Datang Di Website MTSN 8 Jakarta Barat

DOA BERSAMA UNTUK KESUKSESAN LOMBA DAN SOSIALISASI KANTIN SEHAT,

Pada Senin, 22 Juli 2024 telah dilaksanakan pembacaan surat yasin dan doa bersama di lapangan MTs Negeri 8 Jakarta  yang diniatkan untuk kesuksesan para duta-duta MTs Negeri 8 Jakarta yang sedang dan akan mengikuti lomba-lomba di tingkat kota, propinsi dan nasional. Kegiatan dimulai pada pukul 06.30 WIB yang dibuka oleh bapak Sadudin A. Tazani, S.Pd.I  selaku Waka Humas. Selanjutnya sambutan Kepala MTs Negeri 8 Jakarta, ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd. Beliau menjelaskan tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin ini. Dalam sambutannya beliau menghimbau agar seluruh siswa dan GTK tidak henti-henti berdoa dan memohon kepada Allah untuk kesuksesan para duta-duta MTs Negeri 8 Jakarta yang sedang dan akan berlomba agar memperoleh  prestasi terbaik, diantarnya lomba karya ilmiah bidang sains, bidang sosial dan keagamaan.   Kemudian lomba desain grafis, video kreatif dan monolog yang diselenggrakan  oleh Lembaga Kreasi Kota Jakarta Barat dalam rangka Hari Anak Nasional.

Pada lomba karya ilmiah,  MTs Negeri 8 Jakarta berhasil meloloskan wakilnya sebanyak empat tim, satu tim bidang sains yang dikomandoi oleh ibu Evi Luthfiyah, S.Pd, dua tim bidang sosial yang dikomandoi bapak Achmad Buchori, S.Pd, M.Si dan bapak Nur Alamsyah, S.Pd kemudian satu tim bidang keagamaan yang dikomandoi oleh ibu Dra. Hj. Umiyati, MM. Sementara itu hingga berita ini diturunkan , lomba desain grafis dan video kreatif masih menunggu pengumuman panitia di kantor Walikota Jakarta Barat karena masih harus dipresentasikan oleh peserta dihadapan panitia,  yang terdiri dari ananda Afdika Ridho, ananda Muhammad Ayyas, ananda Muhammad Haikal dan Ananda Fatiha. Sebelumnya dalam lomba teater monolog yang diikuti Ananda Thalita belum bisa melanjutkan pada babak selamjutnya. Sementara itu untuk lomba KSM bidang IPS terintegrasi tingkat propinsi yang diikuti Ananda Ahmad Faiq masih terus berlatih.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan juga sosialisasi lomba kantin sehat.  Sosialisasi diisampaikan oleh Ketua Ketahanan Pangan Madrasah, bapak Achmad Buchori, S.Pd, M.Si dan ibu Siti Ma’wah, S.Pd selaku sekretaris. Mereka menjelaskan kepada para siswa dan GTK tentang pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat. Beberapa hal yang disampaikan berkaitan dengan makanan dan minuman sehat, diantaranya adalah Kemasan (pastikan kemasan dalam kondisi baik), Label (baca informasi pada label dengan seksama), Izin edar (pastikan memiliki izin edar BPOM RI MD/BPOM RI ML/P-IRT), Kedaluwarsa (pastikan belum melewati tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan).  

Keberadaan kantin memang tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan madrasah. Kantin sehat merupakan tempat pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi para peserta didik dan GTK di lingkungan madrasah. . Selama proses belajar dan mengajar tentunya banyak energi yang dikeluarkan. Untuk mendukung agar proses belajar mengajar tetap berjalan dengan baik, maka pemenuhan nutrisi yang sehat sebagai asupan pengganti energi yang dipakai mutlak diperlukan. Kantin sehat juga berfungsi sebagai salah satu sarana pendidikan. Kantin dapat  dijadikan media belajar dan berdiskusi manakala guru ingin menyampaikan materi berkaitan dengan kandungan nutrisi bahan makanan, atau bisa juga dikupas aspek sosial ekonominya. Bagaimana para peserta didik dapat dilatih untuk memiliki rasa enterpreneurship dan tanggung jawab.

Jajanan yang layak dikonsumsi adalah yang mengandung nutrisi sehat seperti lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan protein. Bukan yang mengandung zat aditif berbahaya. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, di dalam lingkungan MTs Negeri 8 Jakarta  telah berdiri Kantin sehat. Segala jenis jajanan yang ada di kantin ini Insya Allah  telah bebas dari unsur 6P, yaitu Penyedap, Pemanis, Pengenyal, Pengawet, Pewarna dan Pembungkus makanan yang berbahaya.

Kantin Sehat menjadi semacam laboratorium mini dalam pembelajaran, karena setiap menu makanan dan minuman yang disediakan tersaji juga informasi mengenai kandungan gizi serta manfaatnya bagi kesehatan.

Keberadaan Kantin sehat ini merupakan bukti nyata bahwa MTs Negeri 8 Jakarta sungguh peduli akan nilai kesehatan para peserta didik dan GTK, sehingga mampu menunjang pada kegiatan belajar dan mengajar di madrasah. Jika para peserta didik sehat, maka Madrasah senang, orang tua juga senang dan prestasi juga akan lebih mudah untuk diraih. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa dan potensi hebat didalamnya. Untuk itu perlu nutrisi yang sehat dan layak untuk dikonsumsi agar kesehatan para peserta didik dan GTK  dapat terjaga.

 #humas_mtsn8jkt,