Selamat Datang Di Website Resmi MTSN 8 Jakarta

IMPLEMENTASI K 13, P5R : SUARA DEMOKRASI

 

Bulan Oktober 2024 ini ada sesuatu yang berbeda di MTs Negeri 8 Jakarta Barat. Hari Jum’at, 18 Oktober 2024 adalah Puncak Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin  (P5R) yang kedua dengan tema suara demokrasi yaitu dengan mengadakan kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang digelar selayaknya Pemilu (Pemilihan Umum). Keseruan pada kegiatan ini sangatlah nyata diindikasikan dengan antusiasme para siswa untuk mendaftarkan diri menjadi kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS MTs Negeri 8 Jakarta  yang cukup tinggi. Pada awalnya ada beberapa pasang siswa yang mendaftar sebagai kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS MTs Negeri 8 Jakarta Barat. Namun dalam proses penyaringan oleh Pembina OSIS, ibu Khoirunnisa, S.Pd  dengan mengukur kelayakan calon dari berbagai aspek maka diputuskan yang akan maju menjadi kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS  sebanyak tiga pasang calon yaitu 1) ananda Muhammad Yusuf, K  dan ananda  Afsar Lubawi,  A  2) ananda  Syifa Ramadhani dan ananda Khanza  Nur Qoriroh,  dan 3) ananda  Alfina Darusti dan ananda Raffi Maldini Kemal S.

Untuk menjadi calon ketua atau wakil ketua OSIS para kandidat harus memenuhi beberapa persyaratan yang tidak mudah, diantaranya para kandidat harus memiliki visi dan misi yang bisa mempengaruhi warga madrasah  untuk memilihnya. Para kandidat juga diberikan kesempatan berkampanye guna mengumpulkan suara calon pemilih  baik secara langsung maupun melalui media sosial madrasah atau pribadi.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin  (P5R) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan madrasah. Selain itu juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar. Salah satunya yaitu melalui penerapan tema Suara Demokrasi di lingkungan madrasah. Tujuan umum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5R) dengan tema Suara Demokrasi ini adalah agar para siswa mampu mengimplementasikan sistem demokrasi pada satuan pendidikan, membentuk kaderisasi kepemimpinan yang demokratis guna menampung aspirasi siswa MTs Negeri 8 Jakarta Barat, dan secara khusus melatih siswa untuk berorganisasi serta menyalurkan minat bakat siswa dalam berorganisasi.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin  (P5R) di MTs Negeri 8 Jakarta Barat yang mengambil tema Suara Demokrasi dengan topik Belajar Demokrasi Melalui Pemilihan OSIS.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS  memiliki serangkaian kegiatan sebagai berikut:
1. Pembelajaran Kepemimpinan
2. Pembelajaran Demokrasi
3. Pembelajaran Organisasi
4. Pembelajaran Visi-Misi
5. Sosialisasi Teknik Pemilos
6. Pemungutan Suara
7. Penghitungan Suara

Proyek ini dilaksanakan beberapa pekan, diawali dengan rapat-rapat panitia yang dikomandoi ibu Hj. Estri Atutwuri Handayani, S.Pd atas arahan kepala madrasah, ibu Dra Hj. Makiyah, M.Pd dan Waka bidang akademik, ibu Nur Afnidar, S.Pd. Lalu sosialisasi para penanggung jawab kegiatan kepada para guru yang mengajar di kelas 7. Karena projek ini berkaitan dengan agenda implementasi kurikulum 13 kelas 7. Setelah persiapan panitia matang maka  mulai tanggal 14 Oktober 2024 saatnya eksekusi kegiatan kepada seluruh siswa kelas 7.

Guru-guru yang mengajar kelas 7 memberikan materi Pelajaran berkaitan dengan Pemilos yang sudah disiapkan oleh para penanggung jawab diantaranya melatih membuat yel-yel, membuat property Pemilos seperti bilik suara, kotak suara, kertas suara, undangan, papan kampanye dll. Mereka mengerjakan secara berkelompok dan sangat antusias.

Pada Kamis, 17 Oktober adalah sesi debat terbuka yang berlangsung di panggung MTs Negeri 8 Jakarta Barat yang dipandu oleh bapak Achmad Buchori, S.Pd, M.Si. Para calon ketua dan wakil ketua  OSIS mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dari para fanelis yang terdiri dari kepala madasah, wakil kepala madrasah dan Ketua OSIS periode 2023/2024  mengenai Visi dan Misi yang sudah disampaiknnya.

Puncak kegiatan P5R adalah pencoblosan kertas suara untuk memilih calon ketua dan wakil ketua OSIS pada Jum’at, 18 Oktober 2024 mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB. Seluruh warga madrasah yang terdiri kepala madrsah, GTK dan seluru siswa turut memberikan suaranya.

Situasi pencoblosan selayaknya seperti Pemilu sebenarnya. Warga madrasah yang mendapat undangan mendatangi TPS sesuai dengan undangan yang mereka terima. Disediakan enam TPS yang dikelola langsung oleh para siswa kelas 7.1 sampai 7.6. Di dalam TPS juga ditempel tata cara pemungutan suara. Para siswa juga berperan sebagai KPPS, saksi, Pamsung dll.

Pencoblosan berakhir pada pukul 09.00 WIB. Lalu dilakukan penghitungan suara di tiap TPS. Pada pukul 09.30 WIB seluruh suara sah yang telah dihitung di tiap TPS diakumulasi penghitungannya di panggung madrasah disaksikan kepala madrasah, seluruh GTK dan seluruh siswa. Diakhir penghitungan keluar sebagai pemenang adalah ananda Alfina Darusti dan Raffi Maldini Kemal sebagai Ketua dan wakil ketua OSIS periode 2024/2025. Selamat bekerja dan mengabdi untuk kemajuan MTs Negeri 8 Jakarta. Demikian penggalan sambutan Kepala madrasah.

#humas_mtsn8jkt.