Selamat Datang Di Website Resmi MTSN 8 Jakarta

KELUARGA BESAR MTSN 8 JAKARTA MENGGELAR KHATAMAN QUR'AN DAN TAHLIL


 

Pada Jum’at, 4 Oktober 2024 pukul 13.50 – 15.00 WIB  Keluarga besar MTs Negeri 8 Jakarta menggelar kegiatan pembacaan Yasin, tahlil dan doa khotmil qur’an. Acara tersebut dihadiri Kepala madrasah, kepala tata usaha, seluruh GTK dan Pokjawas Jakarta Barat.

Acara ini dipandu oleh waka Humas, bapak Sadudin A.Tazani, S.Pd.I.   Acara ini dimaksudkan untuk menggapai berkah melalui pembacaan Yasin, tahlil dan doa khotmil qur’an. Selain tentu saja mengirimkan pahala dari ayat-ayat dan dzikir yang dibacakan bagi orang-orang yang telah meninggal dunia dari keluraga besar MTs Negeri 8 Jakarta yang terdiri dari mantan kepala madrasah, kepala tata usaha ,guru, karyawan dan orang-orang tua guru dan kerabatnya,  sekaligus menjadi amalan yang berpahala bagi yang membacanya.

Surat Yasin sendiri dijuluki sebagai “Hatinya Al-Qur’an”. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW sebagai berikut :

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ وَسُفْيَانُ بْنُ وَكِيْعٍ قَالَ : حَدَّثَنَا حُمَيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الرُّؤَاسِيُّ عَنْ حَسَنِ بْنِ صَالِحٍ عَنْ هَارُوْنَ اَبِيْ مُحَمَّدٍ عَنْ مُقَتَلِ بْنِ حَيَّان عَنْ قَتَادَةَ عَنْ اَنَسٍ قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ لِكُلِّ شَيْئٍ قَلْبًا وَ قَلْبُ الْقُرْآنِ يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

“Telah mengkhabarkan kepada kami, Qutaibah dan Sufyan bin Waqi’ daripada Humaid bin Abdurrahman Ar-ru’asi daripada Hasan bin Soleh, daripada Harun Abi Muhammad, daripada Muqatil bin Hayyan, daripada Qotadah, dari Anas (bahwasanya) bersabda Nabi SAW : “Sesungguhnya setiap sesuatu itu memiliki hati. Hati Al-Qur’an adalah surat Yasin. Sesiapa yang membacanya, maka Allah akan memberikan pahala bagi bacaannya itu seperti pahala membaca Al-Qur’an sepuluh kali”

(HR. At Tirmidzi)

Melangkah dari hadits tersebut, kita mengetahui bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan kita untuk memperbanyak membaca surat Yasin. Tidak terbatas dalam hari apapun, maupun waktu kapanpun.

Sementara itu kalimat tahlil yang berbunyi  “لا اله الّا الله” (Tiada Tuhan selain Allah) yang juga menjadi salah satu zikir yang dibaca dalam tahlil, merupakan penegasan seorang Muslim bahwa Allah Maha Esa dan tidak ada satupun yang menandingi-Nya.

Surat Yasin adalah surat ke-36 dalam Kitab Al-Qur’an. Surat Yasin memuat tiga hal pokok, yaitu keimanan terhadap hari kebangkitan, kisah penduduk, dan dalil-dalil yang menunjukan ke-Esaan Allah SWT.  Adapun sejumlah keutamaan surat Yasin menurut ulama dianatarnya yaitu :

– Diampuni dosa-dosa yang telah lampau.

– Mempermudah urusan.

– Meringankan siksa kubur.

Adapun keutamaan membaca tahlil antara lain :

– Kalimat Tahlil adalah dzikir yang paling baik.

– Sebagai jaminan untuk keluar dari api neraka.

– Mendapatkan syafa’at dari Rasulullah SAW.

– Kalimat Tahlil adalah shodaqoh.

– Kunci dari delapan pintu surga.

– Merupakan amalan yang paling utama dan merupakan pelindung dari godaan setan.

Dalam sambutannnya kepala madrasah, ibu Dra. Hj. Makiyah, M.Pd mengatakan semoga dengan pembacaan Yasin dan tahlil serta khatam Alqur’an sebanyak dua kali yang telah dilaksanakan pada pekan sebelumnya bisa menjadi washilah keberhasilan program-program MTs Negeri 8 Jakarta. Dan dapat menjadi rahmat bagi para almarhum dan almarhumah di alam barzakh.

Bapak H. Budi Hairawan, M.Si, selaku Ketua Pokjawas Jakarta Barat dan mantan kepala MTs Negeri 8 Jakarta periode 2008 sampai 2011 dalam sambutannya berpesan agar prestasi MTs Negeri 8 Jakarta harus ditingkatkan.

Pembacaan Yasin dan tahlil dipimpin oleh bapak Suherman, S.Pd dan pembacaan doa khotmil qur’an dipimpin oleh Waka bidang kesiswaan, bapak Masykuri, S.Pd.I.

 

#humas_mtsn8jkt